Asal Mula Tanduk Rusa

Asal Mula Tanduk Rusa

(http://belajarmewarnai.info/wp-content/uploads/2014/12/mewarnai-gambar-rusa-kartun.jpg)


Pada zaman dahulu kala di suatu hutan hiduplah , kuda yang mempunyai tanduk .dan pada zaman itu rusa tidak mempunyai tanduk , dan pada suatu pagi kuda yang mempunyai  tanduk bagus itu mau minum di kolam biasa ia minum seperti hewan – hewan lain nya , tampa sengaja  pada saat dia minum di kolam itu , dia melihat bayangan nya di air ,si kuda itu senang luar biasa ,dalam hati dia berkata betapa indah nya tanduk ku yang aku punya sebagai mahkota di kepala ku . si kuda terus menerus melihat bayangan nya di air ,  dan tampa ia sadari  di suatu pagi itu ada juga hewan yang minum di kolam  itu , hewan itu bernama rusa yang sedang haus luar biasa karna si rusa itu habis melakukan perjalanan jauh , si rusa pun minum di kolam itu , tiba – tiba si kuda kaget . kenapa bayangan saya yang di kolam menjadi rusak nya , di dalam hati si kuda itu . pada saat dia menoleh ke kiri  , pantesan  bayangan saya rusak ,  teryata  ada si rusa yang sedang minum . serentak si kuda menemui si rusa yang sedang  ke hausan itu , sambil muka nya marah luar biasa , rusa kenapa kamu minum di kolam ini , tanya si kuda kepada si rusa itu? begini kuda saya kan habis melakukan perjalan jauh .jadi saya mampir ke kolam ini sembari minum dan beristirahat  sejenak ,jawab si rusa kepada si kuda itu  yang sedang marah  . si kuda malah memarahi si rusa yang sedang letih akibat perjalanan jauh itu dan terkesan tak mau tahu , rusa tahu tidak gara – gara kamu minum di kolam ini , bayangan saya menjadi rusak .sebaiknya kamu rusa mencari kolam lain saja untuk minum. karna  saya sedang berkaca di air , kalau kamu minum di sini nanti bayangan saya  menjadi rusak  dan saya tidak bisa melihat tanduku yang gagah dan bagus ini , sudah kamu pergi sanah rusa ,, jawab si kuda kepada si rusa itu , kemudian si rusa dengan berat hati pergi karna si rusa telah di usir oleh si kuda yang sombong itu .


Setelah si kuda mengusir si rusa ,  dia kemudian berkaca kembali di kolah itu , sabil melihat betapa bagus dan gagah nya tanduk yang menjadi mahkota nya. Dan tiba – tiba di balik semak – semak , saat si kuda sedang berkaca di kolam itu , ada suara auman  ,,, dari balik semak – semak . dan serentak si kuda yang kaget , dan takut itu berlari ke tengah hutan untuk menghindari suara auman  harimau  , saat si kuda berlari tiba – tiba tanduk nya ,melilit akar pohon  , serentak si kuda pun tidak bisa lari , sedangkan suara auman harimau itu semakin dekat , tetapi si kuda masih terlilit akar pohon , jadi di tidak bisa berbuat apa – apa .dan si kuda pun hanya bisa berharap ada hewan  lain yang dapat menolong nya .tiba – tiba si rusa yang sedang  berlari menghindari suara harimau juga sama seperti si kuda, tampa di sengaja si rusa  melihat si kuda dalam keadaan tanduk nya terlilit  akar pohon , hingga si kuda tidak dapat berbuat apa ..si kuda pun memanggil si rusa yang sedang berlari itu , heyyyy ... rusa ,  tolong bantu in aku , tanduk ku terlilit akar pohon nih , aku tidak dapat berlari untuk menghindari suara harimau itu yang semakin dekat  ,  si rusa  pun menghampiri si kuda , dan dia  menjawab  untuk apa saya menolong kamu kuda sedangkan kamu tadi saja saya mau minum , di kolam itu malah kamu usih Cuma gara – gara  saya merusak bayangan kamu di kolam . si kuda pun menjawab ia deh saya minta maaf tentang hal tadi rusa , rusa tolong lepaskan lilitan  akar yang melilit tanduk saya , saya berjanji jika  kamu rusa mau melepaskan lilitan akar yang melilit tanduk saya , saya akan menuruti apa pun keinginan kamu , si rusa pun berkata , benerkan apa yang kamu kata kan itu kuda , kamu tidak main – main kan , jawab si rusa kepada si kuda , si kuda  ia cepetan lepasin akar  pohon  yang melilit tanduk saya , bentar dulu kata si rusa , saya kepengen tanduk kamu yang bagus itu menjadi milik saya , bagaimana kuda ? si kuda pun ,  jangan tanduk ini rusa , kamu minta yang lain saja karna tanduk ini adalah mahkota terbaik saya , kalau tanduk ini di kasih kepada kamu saya tidak mempunyai tanduk lagi  maka saya tidak gagah lagi , jawab si kuda kepada si rusa .si rusa pun menjawab , saya tidak mau tahu ,  jika kamu mau menuruti ke inginan saya , saya akan melepaskan kamu  sekarang , dari lilitan  akar pohon yang melilit tanduk kamu . kalau kamu tidak mau ia udah kamu tetep di cini dan tungguin  sampai macan itu memangsa kamu , bagaimana ?  si kuda pun berfikir , ia deh , aku akan kasih tanduk ini ke kamu rusa , apabila kamu mau melepasin aku sekarang . tampa lama – lama lagi si rusa pun melepaskan akar pohon yang melilit , tanduk si kuda dengan cara menggigit nya .dan si kuda pun dapat terhindar dari  harimau itu dan setelah si  kuda bebas , dari lilitan pohon  yang melilit tanduk nya , sikuda pun dengan berat hati, memberikan tanduk nya yang menjadi mahkota kebanggaan nya kepada si rusa , dan sejak saat itu  si  kuda dan keturunan nya tidak mempunyai tanduk lagi , sedangkan si rusa  sampai keturunan nya mempunyai tanduk sampai sekarang .




Penulis : Yadi Nugraha

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Flickr Images

Blog Archive