Kebiasaan Buruk Ketika Membaca dan Cara Mengatasinya

Kebiasaan Buruk Ketika Membaca dan Cara Mengatasinya





     Membaca adalah kegiatan sering identik dengan bagaimana seseorang ingin mengetahui informasi yang berkaitan dengan hal yang ingin diketahui. Membaca merupakan kegiatan yang banyak dilakukan, baik oleh kaum pelajar dan non pelajar. Tapi ketahuilah beberapa kebiasaan buruk yang dapat terjadi pada saat anda membaca dan berikut saya sertakan solusi cara mengatasinya.
  1. Mengucapkan kata-kata yang dibaca, Adapun cara menghentikannya adalah hentikan semua gerakan lidah. Perhatikan selalu apakah anda sudah berhenti"Komat-kamit" dalam membac. Mengunyah permen karet sambil membaca bisa membantu membuang kebiasaan ini.
  2. Menunjukan pada kata-kata atau pada garis-garis dengan jari-jari anda,. Adapun cara menghentikannya adalah Pegang buku, Majalah,  atau koran tersebut dengan kedua tangan kanan anda. Ini akan membuat jari-jari anda "Diam".
  3. Membaca kembali kata-kata, atau seluruh kalimat pada bahan bacaan yang relatif sederhana dan bersifat non teknis,. Adapun cara menghentikannya adalah  pusatkan perhatian. Teruskan membaca, sekalipun mungkin ada bagian penting yang terlewatkan. Kalau perlu, gunakan sebuah kartu putih untuk menutup baris-baris yang telah anda baca.
  4. Menggerakan kepala dari kiri ke kanan sesuai dengan gerakan mata,. Adapun cara mengatasinya adalah yakinkanlah diri anda bahwa anda memakai mata anda, bukan kepala anda. Jika perlu, pegang dagu anda dengan erat untuk membantu membuang kebiasaan ini.
    Mungkin Sekian penjelasan mengenai bagaimana mengatasi kebiasaan buruk ketika membaca. Semoga bermanfaat :)



Sumber : 

Suroso. [2010]. SMART BRAIN: Metode Menghafal Cepat dan Meningkatkan Ketajaman Memori._SIC Group.



Penulis : Yadi Nugraha

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Flickr Images

Blog Archive