Pengaruh Positif dan Negatif Penggunaan Media Sosial Bagi Anak

Sumber : http://www.biobii.com/2014/11/6-tanda-lo-kecanduan-smartphone.html

       Pada zaman modern seperti saat ini manusia dituntut mahir mengoperasikan teknologi dikarenakan pada zaman modern seperti sekarang ini pengaruh teknologi sangat berperan penting dalam mendukung kehidupan manusia. Misalnya saja, dengan adanya teknologi komunikasi seperti hanphone smartphone yang didukung dengan fitur-fitur jejaring sosial berbasis internet yang saat ini sudah sangat melekat dikalangan khalayak luas baik remaja, dewasa, maupun lansia. Efek teknologi sangat terasa manfaatnya bagi para penggunanya. Dengan adanya teknologi komunikasi yang berbasis internet atau kita sering menyebutnya jejaring sosial yang mencakup facebook, twitter, path, line, kakaotalk, dan lain-lain silaturahmi bukanlah hal yang sangat sulit dikarenakan dengan adanya jejaring sosial  kita tidak hanya berkomunikasi lewat tulisan, dan gambar. Dalam perkembangannya untuk urusan berkomunikasi seiring dengan kecanggihan teknologi yang berkembang saat ini. kita juga dapat langsung berkomunikasi tatap muka secara langsung dengan teman dan saudara yang jauh sekalipun. Teknologi ini kalau saya bersama teman-teman sering menyebutnya video call atau webcam dengan begitu kita dapat melihat secara jelas lawan bicara kita pada saat bertatap muka dengan kita. Mungkin itu sebagian kecil manfaat teknologi secara umum yang terjadi di dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengetahui lebih luas dapak negatif dan positif penggunaan teknologi yang berkembang di dalam kehidupan sehari-hari khususnya anak remaja berikut adalah beberapa kasus mengenai dampak negatif penggunaan teknologi komunikasi yang berdampak pada anak remaja secara umum :
  • Bagi anak malas belajar,  secara umum anak adalah pribadi yang selalu ingin mengetahui tentang apa saja yang menurut mereka menarik dengan smartphone. Anak akan sangat mengenal secara cepat  tahap demi tahap penggunaan teknologi jika lingkungannya sangat mendukung. Oleh karena itu, fungsi awal anak sebagai pelajar menjadi sangat berkurang dikarnakan mereka terlalu asik bermain dengan fitur-fitur di dalam handphone smartphone tersebut. Saking asiknya chating, maupun bergaul di dunia maya mereka menjadi lupa belajar dan malas membuka buku pelajaran mereka.
  • Konsentrasi anak menjadi kurang fokus, secara umum hal tersebut sering kita jumpai jika kita meluhat anak-anak SMA, SMP, bahkan SD saja sudah menggunakan hanphone smartphone  ini  bukan menjadi fenomena langka lagi. Saat belajar di dalam kelas untuk anak SMA biasanya wanita maupun pria sering sekali menggunakan handphone smartphone mereka selama di dalam kelas secara sembunyi-sembunyi biasanya agar tidak dimarahin sama gurunya pada saat menerangkan di dalam kelas. Akibat yang ditimbulkan anak menjadi kurang fokus terhadap materi yang diajarkan oleh guru.
Sedangkan dampak positif yang ditimbulkan oleh teknologi smatphone secara umum ialah sebagai berikut.

  1. Mempermudah komunikasi,  Bagi seorang pebisnis ulung komunikasi adalah hal yang paling di jaga sekali oleh para penggiat bisnis, jadi peran teknologi canggih sangat di perlukan sekali oleh meraka. Hal tersebut di buktikan dengan adanya beberapa teknologi smartphone yang kita sekarang kenal dengan sebutan Gojek, Traveloka, dan lain-lain. 
  2. Membuat yang jauh menjadi dekat,  Bagi keluarga yang jauh misalnya keluarganya di bandung anaknya di bali dikarenakan si anak tidak mempunyai uang untuk pulang atau kehabisan tiket pesawat untuk pulang kampung menemui ibu dan bapak atau keluarganya di kampung. Untuk zaman sekarang itu gampang, kenapa gampang dengan smartphone kita bisa menyelesaikan permasalahan tersebut. Kita dapat menggunakan webcam, line wabcam aplikasi yang ada di smartphone tersebut walau jauh tetap bisa bertatap muka secara langsung dengan keluarga walau dari jarak yang jauh sekalipun.


Daftar Pustaka

Robih. (2014). 6 Tanda Loe Kecanduan Smartphone. Diasket dari :http://www.biobii.com/2014/11/6-tanda-lo-kecanduan-smartphone.html. (15-Juli-2015)


You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Flickr Images

Blog Archive