Efek Perubahan pada Masa Remaja


     Masa remaja adalah masa dimana suatu individu sedang mencari jati diri. Oleh karena itu, dimasa ini remaja biasanya melakukan hal-hal yang tidak biasa dia lakukan. Hal-hal yang selalu dilakukan pada masa remaja atau masa pencarian jati diri. Remaja bisanya melalukan kegiatan yang menurut mereka asing dan tertarik untuk melakukannya untuk memuaskan rasa penasarannya terhadap hal tersebut. Sedangkan menurut Somantri (2012, hlm. 50) menyebutkan bahwa perubahan pada masa remaja meliputi beberapa bidang, antara lain:
  • Perubahan konsep diri, anak mulai merasakan perasaan mereka mengenai dirinya. Hal ini berhubungan dengan perubahan sikap orang-orang yang ada disekitarnya terhadap dirinya. Keadaan ini terungkap dengan menurunya penilaian diri.
  • Perubahan sikap dan tingkah laku, perubahan ini berlangsung sementara dan merupakan pola yang sesuai dengan pola dalam kelompok sesuai usianya.

     Berdasarkan peryataan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pada usia remaja anak mulai mengerti konsep diri untuk berhubungan secara sosial dengan lingkungan di sekolah maupun di luar sekolah. Hal ini dibuktikan dengan perubahan sikap dan tingkah laku si anak dalam menyikapi suatu pergaulan yang terjadi di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.


Dafta Pustaka

Somantri. (2012). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung : PT. Refika Aditama

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Flickr Images

Blog Archive